Jakarta – Astra dan Toyota memperluas kerja sama strategis mereka di sektor kendaraan bekas di Indonesia melalui kemitraan dalam PT Astra Digital Mobil (ADMO). Langkah ini menandai penguatan hubungan bisnis kedua perusahaan dalam industri otomotif digital.
Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA) resmi mengambil alih 40 persen kepemilikan di ADMO. Akuisisi ini dilakukan melalui pembelian saham baru maupun saham yang telah beredar, dengan total nilai investasi mencapai US$120 juta atau setara dengan sekitar Rp2 triliun. Meskipun demikian, Astra tetap menjadi pemegang saham mayoritas melalui PT Astra Digital Internasional (ADI), dengan proporsi kepemilikan sebesar 60 persen.
ADMO, melalui anak perusahaannya, mengelola OLX.co.id dan OLXmobbi. OLX.co.id dikenal sebagai salah satu platform jual beli barang bekas terbesar secara daring di Indonesia. Sementara itu, OLXmobbi berfokus pada sektor mobil bekas dengan model bisnis online-to-offline, mengoperasikan lebih dari 30 gerai dan pusat inspeksi yang tersebar di 10 kota besar di tanah air.
Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, menyatakan bahwa pihaknya terus mengembangkan bisnis inti sambil mengeksplorasi peluang investasi yang skalabel dan memiliki potensi pertumbuhan tinggi. “Pasar mobil bekas di Indonesia masih sangat terfragmentasi dan menyimpan potensi besar. Kemitraan ini adalah wujud komitmen kami dalam menyediakan solusi mobilitas yang inovatif dan dapat diandalkan untuk masyarakat,” jelas Djony.
Deputy CEO Toyota Motor Asia, Hao Quoc Tien, juga menegaskan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi global Toyota, yakni “Mobility for All.”
“Kami bangga dapat memperluas kolaborasi jangka panjang kami dengan Astra. Lewat bisnis mobil bekas ini, kami dapat memperluas dampak sosial dan ekonomi di Indonesia,”ujarnya.
Sinergi ini memperkuat posisi ADMO untuk mentransformasi pasar mobil bekas melalui dukungan ekosistem otomotif Astra dan teknologi serta jaringan global milik Toyota. Kolaborasi tersebut diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh kendaraan berkualitas, layanan pembiayaan, asuransi, hingga purnajual.
Selain itu, integrasi antara pembelian mobil baru dan bekas lewat program trade-in juga dioptimalkan. Melihat tren ekonomi sirkular, digitalisasi, dan tuntutan konsumen terhadap keterjangkauan, OLXmobbi dinilai memiliki peluang strategis untuk menjadi penggerak utama dalam ekosistem mobilitas masa depan di Indonesia.