Jakarta – Menyambut Hari Ulang Tahun ke-498 Kota Jakarta, Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2025 resmi dibuka pada Selasa (10/06) di Lippo Mall Nusantara (EleMeN) oleh Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, didampingi oleh Presiden Direktur PT Lippo Malls Indonesia, Marlo Budiman.
FJGS 2025 akan berlangsung selama satu bulan penuh, dari 10 Juni hingga 10 Juli 2025, dan melibatkan 100 pusat perbelanjaan yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta. Tahun ini, festival mengangkat tema “The Ultimate Destination for Shopping” dan menghadirkan berbagai program menarik, mulai dari potongan harga hingga 70 persen, Midnight Sale di tiga mal pilihan, serta program belanja berhadiah FJGS EShoppercard berbasis aplikasi, yang diikuti oleh 46 pusat belanja termasuk EleMeN.
Tidak hanya itu, selama rangkaian acara FJGS, APPBI DKI Jakarta juga turut menggelar pameran UMKM binaan Pemprov DKI Jakarta di lokasi yang sama. Festival ini juga menampilkan sejumlah kegiatan sosial seperti donor darah di 12 mal serta layanan pemeriksaan kesehatan gratis di lima lokasi. Sebagai bentuk kebersamaan di sektor ritel, digelar pula turnamen badminton yang diikuti oleh 32 perwakilan pusat perbelanjaan.

Lippo Mall Nusantara (EleMeN), yang dulunya dikenal sebagai Plaza Semanggi, kini hadir dengan wajah baru sebagai pusat komunitas yang terbuka untuk publik. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat belanja, EleMeN aktif mengembangkan ekosistem kreatif dengan menggandeng seniman, komunitas, pelaku industri kreatif, dan konsumen. Melalui ruang-ruang kolaborasi, EleMeN mendorong inovasi serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
Marlo Budiman menyampaikan apresiasinya terhadap kepercayaan yang diberikan, “Kami bangga EleMeN menjadi tuan rumah pembukaan FJGS 2025. Ini menjadi kesempatan untuk memperkenalkan kembali transformasi kami kepada masyarakat. Harapan kami, EleMeN bisa memberikan warna baru bagi industri ritel, khususnya di Jakarta. Bersama pusat perbelanjaan lainnya, kami ingin membentuk mal sebagai ruang publik yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mendukung gaya hidup urban. Dengan sinergi berbagai pihak, kami yakin pusat perbelanjaan bisa menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan kerja, serta memperkuat sektor gaya hidup dan hiburan di ibu kota.”
Sementara Ketua Pelaksana Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2025, Mualim Wijoyo optimis bahwa target transaksi ritel FJGS 2025 bisa mencapai Rp15,5 triliun, naik dari pencapaian tahun sebelumnya yang berada di angka Rp14 triliun. Selain mendorong geliat belanja masyarakat, FJGS turut berperan dalam memperkenalkan kekayaan budaya lokal Jakarta sekaligus memperkuat citra kota ini sebagai pusat ekonomi dan kebudayaan nasional.