Omni Communication Assistant (OCA), solusi digital besutan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), kini dilengkapi fitur canggih berbasis kecerdasan buatan bernama OCA AI. Tak hanya menjadi sarana komunikasi digital, OCA AI juga menawarkan chatbot builder dengan sistem drag and drop yang memungkinkan pengguna merancang chatbot secara cepat dan intuitif—tanpa perlu menulis satu baris kode pun.
Di tengah era digital, layanan pelanggan yang responsif dan selalu tersedia menjadi salah satu kunci utama untuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Namun, membangun sistem layanan otomatis seperti chatbot kerap membutuhkan waktu, biaya, dan tenaga ahli.
Menjawab kebutuhan tersebut, OCA AI hadir sebagai solusi strategis bagi pelaku usaha yang ingin mengadopsi teknologi secara praktis. Chatbot ini mudah dikustomisasi sesuai alur bisnis, mendukung integrasi dengan berbagai kanal komunikasi, dan mampu melayani dalam berbagai bahasa. Tak hanya itu, OCA AI juga dilengkapi fitur analitik untuk memantau performa layanan secara real-time.

“Melalui OCA AI, Telkom ingin membuka akses yang lebih luas bagi pelaku usaha agar bisa memanfaatkan teknologi demi mendorong pertumbuhan bisnis. Pengguna dapat membangun chatbot secara mandiri sebagai bentuk efisiensi sekaligus kontribusi dalam menciptakan ekosistem bisnis yang inklusif dan berkelanjutan,” ungkap EVP Digital Business & Technology Telkom, Komang Budi Aryasa dikutip dalam keterangan tertulis.
Desain inklusif yang diusung OCA AI diharapkan mampu mendorong pemerataan akses ekonomi digital, sekaligus memperkuat fondasi ekosistem bisnis nasional yang lebih adaptif dan berdaya saing.
Selengkapnya mengenai fitur dan keunggulan OCA AI dapat diakses melalui situs resmi: https://ocaindonesia.co.id.