Jakarta – Selama hampir 30 tahun, Garda Oto, produk asuransi kendaraan dari Asuransi Astra, sejak diluncurkan pada tahun 1995, Garda Oto terus bertransformasi mengikuti kebutuhan zaman, dengan mendengarkan masukan pelanggan dan menjadikannya bahan bakar inovasi.
Inovasi Garda Oto mencakup layanan darurat Garda Siaga, pusat layanan pelanggan Garda Akses, hingga transformasi digital melalui aplikasi myGarda dan website gardaoto.com. Kini, menjelang ulang tahunnya yang ke-30 pada 1 Juni mendatang, Garda Oto memperkenalkan layanan terbaru: Virtual Survey.
Fitur ini memungkinkan pelanggan melakukan survei kendaraan secara daring melalui video call yang langsung dibantu oleh surveyor. Sesuai dengan slogan barunya, “Claim from Anywhere”, Virtual Survey memberi keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan klaim dari mana saja, tanpa harus datang langsung ke kantor cabang atau Garda Center.

Hadirnya Virtual Survey merupakan jawaban atas tantangan pasca pandemi, termasuk meningkatnya jumlah nasabah dari wilayah-wilayah terpencil seperti area pertambangan atau perkebunan, serta tren kerja fleksibel dari mana saja. Sebelumnya, pelanggan di lokasi tertentu memang bisa dibantu bengkel rekanan, namun banyak yang tetap menginginkan komunikasi langsung dengan surveyor Garda Oto.
Melalui fitur ini, seluruh proses klaim mulai dari survei kendaraan, penerbitan SPK, hingga pemantauan pengerjaan di bengkel bisa dilakukan langsung dari aplikasi myGarda—praktis, efisien, dan tetap personal.
Tiga Dekade dan Jutaan Kepercayaan
Jutaan pelanggan telah mempercayakan perlindungan kendaraannya pada Garda Oto. Tak hanya itu, puluhan ribu di antaranya juga turut serta dalam kampanye keselamatan berkendara #AlwaysDriveSafely. Garda Oto bukan sekadar penyedia asuransi, melainkan bagian dari upaya membentuk budaya berkendara yang aman dan nyaman.

Bagi Garda Oto, tiga dekade bukan hanya tentang angka, melainkan tentang kepercayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak keluarga yang terus menggunakan Garda Oto sebagai pilihan utama karena pengalaman positif yang mereka alami.
Maximiliaan Agatisianus, Presiden Direktur Asuransi Astra, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pelanggan. “Then and Now, Always Garda Oto bukan hanya sekadar slogan, tapi juga doa dan harapan agar kami terus menjadi pilihan utama masyarakat, hari ini dan seterusnya,” ujarnya.
Apresiasi untuk Jurnalis Tanah Air
Dalam rangka merayakan 30 tahun perjalanannya, Garda Oto juga menggelar lomba jurnalistik artikel dan foto bertajuk “Apresiasi Pewarta Asuransi Astra 2025”. Mengusung tema “Perjalanan Tiga Dekade Garda Oto: Dari Komitmen dan Inovasi Menjadi Kepercayaan Bangsa yang Penuh Arti”, lomba ini berlangsung mulai Juni hingga September 2025 dan terbuka bagi jurnalis dari seluruh Indonesia. Informasi lengkap bisa diakses di asuransiastra.com/apaa2025.