Setelah absen selama dua tahun akibat skandal keselamatan yang mengguncang industri otomotif Jepang pada 2023, Daihatsu Move akhirnya kembali meluncur. Model kei car legendaris ini kini hadir dalam generasi ketujuh dengan tampilan dan teknologi yang sepenuhnya diperbarui, termasuk platform baru, desain segar, dan pintu belakang geser yang menambah sisi praktisnya.
Melansir dari laman carscoops, sejak pertama kali meluncur pada 1995, Daihatsu Move telah terjual lebih dari 3,4 juta unit. Kini, versi terbarunya dibangun di atas platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang juga digunakan oleh Hijet dan Atrai. Meski masih mempertahankan dimensi khas kei car, dengan panjang maksimal 3.395 mm, generasi terbaru Move menawarkan jarak sumbu roda yang lebih panjang yaitu 2.460 mm, memberikan ruang kabin yang lebih lapang.
Pintu Geser dan Desain Lebih Modern
Salah satu perubahan mencolok pada Move terbaru adalah hadirnya pintu geser elektrik di bagian belakang, fitur yang sebelumnya tidak ada dan kini membuat mobil ini lebih praktis—terutama di area parkir sempit. Pintu geser ini tersedia pada semua varian kecuali tipe L, dengan sistem kunci pintar untuk kenyamanan lebih.

Di bagian depan, tampilan Move kini lebih elegan dan modern. Lampu depan dibuat ramping dengan desain gril baru yang bersahabat. Bagian samping terlihat lebih tajam dengan garis tegas, sementara bagian belakang menampilkan lampu L-shape yang lebih kecil dan desain bumper yang lebih bersih.
Daihatsu juga menyediakan 13 kombinasi warna eksterior, serta opsi personalisasi dalam paket Dandysport dan Noble Chic yang menawarkan aksesori tambahan baik di luar maupun di dalam mobil.
Interior Fungsional, Cocok untuk Kehidupan Sehari-hari
Masuk ke dalam kabin, nuansa praktis langsung terasa. Interior Move dirancang dengan fokus pada kenyamanan dan fungsionalitas. Kursi depan bisa dilipat rata, dan jika dikombinasikan dengan kursi belakang yang bisa direbahkan, kabin bisa diubah menjadi tempat tidur dadakan—ideal untuk istirahat saat perjalanan jauh atau aktivitas luar ruang seperti berkemah.
Dari sisi teknologi, tersedia tiga pilihan ukuran layar infotainment (7, 9, dan 10 inci), yang semuanya dipadukan dengan panel instrumen analog. Konsol tengah tetap sederhana dengan tuas transmisi model gantung dan pengaturan AC manual yang mudah dijangkau.
Fitur tambahan seperti kursi berpemanas, pengisi daya nirkabel, serta sistem keselamatan Smart Assist juga bisa ditemukan di varian yang lebih tinggi.

Mesin Kecil, Performa Tetap Optimal
Sesuai regulasi kei car di Jepang, Daihatsu Move dibekali mesin bensin 658 cc. Versi standar menghasilkan tenaga 52 PS, sementara varian RS hadir dengan turbocharged engine bertenaga 64 PS. Meski mungil, versi RS didukung oleh suspensi sport dengan peredam kejut khusus dan pelek 15 inci untuk pengalaman berkendara yang lebih dinamis.
Semua varian Move menggunakan transmisi CVT dan ditawarkan dalam pilihan penggerak roda depan (2WD) dan penggerak empat roda (4WD), sesuai kebutuhan konsumen.
Daihatsu Move generasi ketujuh kini sudah tersedia untuk dipesan di Jepang, dengan harga mulai dari ¥1.358.500 (sekitar Rp 150 juta) untuk varian termurah 2WD hingga ¥2.044.000 (sekitar Rp 226 juta) untuk varian tertinggi 4WD. Daihatsu menargetkan penjualan hingga 6.000 unit per bulan, yang seluruhnya akan diproduksi di pabrik mereka di Prefektur Oita.