29.6 C
Jakarta
Jumat, Juli 18, 2025
BerandaKATA EKBISPERHUBUNGANInovasi Tiket Digital dan Ramah Lingkungan, 83 Persen Tiket Whoosh Terjual Secara...

Inovasi Tiket Digital dan Ramah Lingkungan, 83 Persen Tiket Whoosh Terjual Secara Online

Layanan Kereta Cepat Whoosh berhasil menarik perhatian masyarakat, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelian tiket.

Sepanjang tahun 2024, sebanyak 6,06 juta tiket berhasil terjual. Dari jumlah tersebut, sekitar 83 persen (5 juta tiket) dibeli melalui sistem online, sementara sisanya, sekitar 17 persen (1 juta tiket), terjual melalui loket di stasiun.

Aplikasi Whoosh menjadi platform paling populer dengan kontribusi 2,5 juta tiket atau 42 persen dari total penjualan. Selanjutnya, kanal mitra penjualan menyumbang 1,7 juta tiket, situs ticket.kcic.co.id mencatat 541 ribu tiket, dan Ticket Vending Machine (TVM) melayani 190 ribu tiket.

Kemudahan Pembelian Tiket Secara Online
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi tingginya kepercayaan masyarakat terhadap sistem digital dalam pembelian tiket kereta. Menurutnya, pembelian tiket secara online memberikan keleluasaan bagi penumpang untuk mendapatkan tiket kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengantre di stasiun.

Metode pembayaran yang beragam, seperti virtual account, e-wallet, dan kartu kredit, semakin mempermudah proses transaksi. Selain itu, layanan di aplikasi Whoosh juga memungkinkan penumpang untuk membatalkan tiket atau mengubah jadwal secara fleksibel, dengan syarat proses dilakukan paling lambat dua jam sebelum waktu keberangkatan. Dana pengembalian untuk pembatalan tiket juga diproses di hari yang sama.

Inovasi Ramah Lingkungan dengan Tiket Digital
Teknologi QR code sebagai tiket digital menjadi salah satu keunggulan layanan Whoosh. Sistem ini tidak hanya memudahkan penumpang dengan menyimpan tiket langsung di perangkat mereka, tetapi juga mendukung upaya ramah lingkungan melalui pengurangan penggunaan kertas. Selain itu, risiko kehilangan tiket fisik dapat diminimalkan.

“Pemanfaatan teknologi digital pada layanan Whoosh mencerminkan perubahan gaya hidup masyarakat. Inovasi ini merupakan bentuk komitmen KCIC untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus mendukung keberlanjutan lingkungan,” ujar Eva Chairunisa dikutip dalam keterangan tertulis pada Sabtu (11/1)

Sejak awal operasional komersial pada Oktober 2023, tiket Whoosh telah tersedia melalui aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, serta beberapa aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, Brimo, dan Wondr by BNI. Mulai November 2024, Tiket.com juga bergabung sebagai mitra penjualan tiket online, memberikan lebih banyak pilihan bagi penumpang.

Baca Juga

Api Hanguskan 7 Hektare Lahan di Kampar, Diduga Ada Unsur Kesengajaan

Riau - Kebakaran lahan gambut seluas hampir tujuh hektare...

Kisah Inspiratif Nyndha Raih Kuliah Gratis, Dari Warung Soto ke UGM

Yogyakarta - Di sebuah warung soto sederhana di pinggir...

FIFGROUP Kembangkan Kampung Berseri Astra Binaan Kedua di Sumatera Barat

PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra...

Indonesia-Uni Eropa Sepakati CEPA, WNI Bisa Dapat Visa Schengen Multi-Enti

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, menegaskan komitmen...

BCA Syariah Ditetapkan Kemenag Sebagai LKS Penerima Wakaf

Jakarta - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) resmi...

Ikuti kami

- Notifikasi berita terupdate

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini