29.3 C
Jakarta
Senin, Juni 23, 2025
BerandaKATA EKBISUMKMSinergi Rumah BUMN dan SIG Ajak Masyarakat Dukung UMKM

Sinergi Rumah BUMN dan SIG Ajak Masyarakat Dukung UMKM

Jakarta – Pada ajang INACRAFT 2025, Rumah BUMN menghadirkan 52 UMKM binaan dari 14 BUMN, dengan total 149 jenis produk yang mencakup kategori fashion, kerajinan tangan, dan aksesoris di area Main Lobby dan Assembly Hall JICC (Jakarta International Convention Center) Produk-produk ini dikurasi untuk memenuhi standar pasar internasional.

Pengunjung dapat menikmati workshop dan demonstrasi produk dari berbagai BUMN peserta, dengan tema beragam, seperti: Batik Lasem oleh PT Semen Indonesia (SIG), Merajut tas bersama Perumnas, Ecoprint pada kain oleh PTPN IV dan Patchwork tissue pouch bersama Bank BTN

Melalui berbagai kegiatan ini, pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman membuat produk kreatif serta memahami lebih dalam nilai seni dan budaya yang terkandung di dalamnya.

Sinergi Rumah BUMN dan SIG Ajak Masyarakat Dukung UMKM
Tim Rumah BUMN SIG melayani pengunjung melihat produk Batik Lasem di booth Rumah BUMN dalam pameran INACRAFT 2025 di Jakarta International Convention Center (JICC), Jakarta. (katafoto/HO/SIG)

Dukungan BUMN untuk UMKM Indonesia

Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan bahwa UMKM dan BUMN adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, BUMN tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis korporasi, tetapi juga berperan aktif dalam membantu UMKM berkembang di pasar nasional dan internasional.

“Kementerian BUMN memiliki peran besar dalam mendukung kemajuan UMKM Indonesia. Kami terus mendorong UMKM untuk tumbuh melalui berbagai program dan kolaborasi dengan lembaga lain,” ujar Erick Thohir.

Salah satu BUMN, PT Semen Indonesia (SIG) secara konsisten memberikan pendampingan bagi UMKM, termasuk dengan memfasilitasi keikutsertaan mereka dalam pameran seperti INACRAFT 2025. Tahun ini, SIG membawa dua UMKM binaannya di sektor fashion Nusantara, yaitu Hastadana Batik Tulis Lasem dan Saleen.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, menekankan bahwa Indonesia memiliki warisan budaya yang kaya, termasuk dalam industri fashion dengan keberagaman wastra Nusantara, seperti batik, tenun, songket, dan ulos.

“Wastra Indonesia bukan sekadar kain, tetapi identitas dan kebanggaan bangsa. Melalui kreativitas UMKM binaan SIG yang memadukan wastra Nusantara dengan tren fashion modern, diharapkan dapat menumbuhkan rasa bangga serta menarik minat masyarakat, terutama generasi muda,” jelas Vita.

Rumah BUMN tidak hanya sekadar memberikan wadah bagi UMKM untuk memperkenalkan produk mereka, tetapi juga membantu mereka lebih siap bersaing di pasar global. Dengan pendampingan intensif dan akses pasar yang lebih luas, UMKM binaan BUMN diharapkan dapat berkembang dan membawa industri kreatif Indonesia semakin maju.

Baca Juga

Dua Mobil BMW X3 M Sport dan 218 Gran Coupé M Sport Resmi Mengaspal di Indonesia

Jakarta - BMW Indonesia resmi memperkenalkan dua model terbaru...

Hindari Risiko! Simak 7 Tips Keuangan Sebelum Mengambil Cicilan Mobil

Jakarta - Memiliki mobil pribadi menjadi impian banyak orang,...

Amar Bank Cetak Laba Tertinggi Rp67,5 Miliar di Kuartal I 2025

Jakarta - PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank,...

Ojol Diusulkan Masuk Kategori UMKM demi Akses Subsidi

Jakarta - Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM),...

Jakarta Fair 2025 Resmi Dibuka: Dorong Ekonomi Kreatif dan UMKM

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Pramono Anung, secara resmi...

Ikuti kami

- Notifikasi berita terupdate

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini